PRISMA
SEGI TIGA
Makalah ini disusun
untuk memenuhi tugas pada mata kuliah
Siti
Sholaekhah (210615150)
Dosen Pengampu:
Kurnia Hidayati, M.Pd
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH
IBTIDAIYAH
JURUSAN TARBIYAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN) PONOROGO
September 2016
KATA PENGANTAR
Syukur alhamdulilah kehadirat Allah Yang Maha Esa
atas rahmatnya makalah ini dapat disusun hingga selesai. Tidak lupa kami
ucapkan terimakasih atas bantuan berbagai pihak yang telah berkontribusi dengan
memberikan sumbangan materi ataupun idenya.
Harapan kami semoga makalah ini dapat menambah
pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca,
mengenai pelajaran mateatika khususnya dalam materi prisma segitiga,
sehingga kedepannya dapat memperbaiki maupun menambah isi makalah agar menjadi
lebih baik.
Karena keterbatahan pengetahuan maupun pengalaman
kami, kami yakin masih banyak kekurangan dalam makalah ini. Oleh karena itu
kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun dari pembaca demi
kesempurnaan makalah ini. Sehingga akan semakin banyak manfaat yang kita
peroleh.
Ponorogo, 21 Maret 2016
Penyusun
Siti Sholaekhah PG.E
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Matematika
merupakan salah satu materi pembelajaran dasar yang wajib ada disetiap jenjang pendidikan. Pada mata pelajaran matematika
tingkat dasar, peserta didik terlebih dahulu dikenalkan mengenai bentuk bentuk
bangun ruang dan mengenal konsep keruangan salah satunya yaitu prisma. Prisma
merupakan suatu bangun ruang
yang bentuk dan ukuran sisi atas dengan sisi bawah sama serta rusuk-rusuk tegak
yang sejajar.
Penamaan setiap prisma dibedakan
menurut alasnya, misalnya jika alas prisma tersebut berbentuk segitiga maka
disebut prisma segitiga. Konsep ini yang perlu ditanamkan pada peserta didik
mengenai bangun ruang agar mengetahui pemahaman yang baik dan benar. Selanjutnya
dalam makalah ini kami akan membahas mengenai prisma segi tiga.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian prisma segitiga?
2.
Bagaimana luas permukaan prisma segitiga?
3.
Bagaimana volume prisma segitiga?
4.
Bagaimana penerapan prisma segitiga dalam kehidupan sehari-hari?
C.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui pengertian prisma segitiga.
2.
Untuk mengetahu bagaimana luas permukaan prisma segitiga.
3.
Untuk mengetahui bagaimana volume prisma segitiga.
4.
Untuk mengetahui bagaimana penerapan prisma segitiga dalam
kehidupan sehari-hari.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Prisma Segitiga
prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua sisi
berhadapan yang sejajar dan kongruen serta sisi-sisi lain yang tegak lurus
dengan kedua sisi berhadapan tersebut. Segitiga adalah
bangun datar yang dibatasi oleh tiga buah sisi dan mempunyai tiga buah
titik sudut. Jadi dapat disimpulkan bahwa prisma segitiga yaitu
alasnya yang berbentuk segitiga, memiliki 5 buah sisi yang terdiri dari 3 sisi
tegak 1 alas dan 1 tutup, memiliki 6 titik sudut dan 9 rusuk.
B. Luas Permukaan
Prisma Segitiga
Prisma
adalah bangun ruang tiga dimensi yang mempunyai penampang melintang yang selalu
sama dalam bentuk dan ukuran. Dan untuk menghitung luas permukaan prisma dengan
cara merebahkan sisi-sisi prisma, merupakan jaring-jaring prisma. Luas
jaring-jaring prisma inilah yang merupakan luas permukaan prisma.[1]
Luas permukaan prisma segitiga di atas adalah:
= luas
alas + luas bidang atas + luas bidang tegak
= ( 2
x luas alas ) + ( a x t + b x t + b x t )
= ( 2
x luas alas ) + ( a + b + c ).t
= ( 2 x luas alas ) + ( keliling
alas x t )
Jadi
rumus untuk mencari luas permukaan prisma segitiga yaitu sebagai berikut: Luas Permukaan Prisma = ( 2 x
luas alas ) + ( keliling alas x t )
1.
Jika diketahui
sebuah prisma segitiga siku-siku dengan panjang sisi masing-masing 10cm, 12cm,
dan 14cm, serta tinggi prisma tersebut adalah 10cm, hitunglah luas pemukaan
prisma tersebut?


Jawab: 
Diket: AB= 12cm, BC= 10cm, AC= 14cm, dan CF=
10cm.
Luas permukaan prisma segitiga= (2 x L. alas) +
(keliling alas x t)
=(2 x (½ × 10 x 12) +
(10 + 12 +14) x 10
=(2x 5 x 12) +(36 x10)
=(120 + 360)
=480cm2
Jadi, luas permukaan prisma segitiga tersebut
adalah 480cm2 satuan luas.
C. Volume PrismaSegitiga
Jika
sebuah balok dipotong tegak salah satu bidang diagonalnya, maka akan terbentuk
dua prisma segitiga seperti gambar (a). Kedua prisma segitiga pada
gambar (b) dapat digabungkan sehingga terbentuk prisma segitiga seperti gambar
(c). Dengan demikian prisma pada gambar (c) dan balok pada gambar (a) memiliki
tinggi, luas dan volume yang sama. Sehingga dapat dinyatakan sebagai berikut.
Ahli matematika
telah membuktikan bahwa volume sebuah prisma segitiga adalah hasil kali dari
luas alas prisma segitiga itu sendiri dengan tingginya.[2]
Jika luas alas prisma segitiga adalah L, tinggi prisma segitiga adalah t,
dan volumenya adalah V, maka persamaannya menjadi: V= L x t
Contoh soal:
1.
Alas sebuah
prisma segitiga sama kaki dengan panjang 6cm, dan tingginya 10cm, dan tinggi
prisma adalah 40cm, hitunglah volume prisma sama kaki tersebut?
Jawab: L. alas x tinggi
=(½ a x t) x t. prisma
=(½ 6 x 10) x 40
=(3 x 10 ) x 40
=30 x 40
=1200cm3 satuan volume.
D. Penerapan
Prisma Segitiga dalam Kehidupan Sehari-hari
Penerapan prissma segitiga dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya:
1. Pembuatan tenda
2. Bentuk atap
rumah
1.
Sebuah atap
rumah berbentuk prisma tegak yang memiliki volume 360 cm3. Alas
prisma tersebut berbentuk segitiga siku-siku yang panjang sisiku-sikunya 4 cm
dan 6 cm. hitung tinggi prisma tersebut ?
Jawab: luas segitiga= (½
a x t)
=(½
4 x 6)
=2
x 6
=12cm2
Volume
prisma= L. segitiga x t
360=12
x t
t=
360/12
t=
30cm
jadi,
tinggi prisma adalah 30cm.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
prisma segitiga yaitu alasnya yang
berbentuk segitiga, memiliki 5 buah sisi yang terdiri dari 3 sisi tegak 1 alas
dan 1 tutup, memiliki 6 titik sudut dan 9 rusuk.
2.
Rumus
Luas Permukaan Prisma = ( 2 x luas alas ) + ( keliling alas x t )
3. Rumus volume V= L x t
4. Penerapan
prisma dalam kehidupan sehari-hari adalah:
a. Pembuatan
tenda
b.
Bentuk atap rumah
B. Saran
Penulis mengharapkan agar pembaca lebih memahami materi pelajaran mengenai
bangun ruang khususnya prisma segitiga.
DAFTAR
PUSTAKA
Lapis PGMI. Modul Matematika 3.
STAIN PONOROGO.
Prabawanto,
Sufyani, dkk. 2007, Pendidikan matematika II. Bandung: UPI
PRESS.
http://rumushitung.com/2013/03/29/jaring-jaring-prisma/, 30
September 2016.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar